Selasa, 08 September 2015

Heaven sent a gift of love

We can't thank God enough for His goodness to our life. While some people out there trying hard to have kids, within 5 months of our marriage, He trusted us to be a parents soon.

I remembered that time, around end of July.  I realized my period haven't coming yet and already late for almost 2 weeks. Punya pengalaman sebelumnya kalau period telat, langsung beli test pack dan selalu end up dengan result yang gak sesuai dengan apa yang diinginkan. So this time, even udh late for almost 2 weeks, I set my mind maybe because I am tired jadi periodnya late. Secara bulan sebelumnya juga sempet terlambat hampir 1 bulan.  I did my activity like usual after one day i feel very "pegel2" all my body and i decided to take massage after office hour. Took 1.5 hours of massage, i wonder why this time i feel different. Usually, i feel refresh and recharged after massage tapi kok sekarang badan malah tambah sakit. Apa si mba2 nya pijetnya kurang enak.  Ah anyway, mungkin kurang lama kali pijetnya.

2nd of August. My birthday indeed and until that day my period also haven't come yet. 3rd of August, i had birthday with my in laws at one of the shopping malls. Since my period also not come yet, my curiosity getting bigger. I went to drug store and bought the test pack. From the information i had, test pack result will be more accurate if you do on morning. Thus, i take the test on morning of 4th Aug.  My heartbeat becomes faster waiting for the result. Is it 1 line or 2 lines? One line is out, and by any second, the second line is out also. Wohooo. Two lines! i become a mom soon. I called my hubby and show him the result. Happy tapi masih agak ditahan. We just want to ensure by check to gynecologist first. However, thank you God. It was a very nice birthday present ever!

Finally, we went to gynecologist at RSB Asih. Ini rumah sakit adalah rumah sakit yang sama waktu gue lahir 31 tahun yg lalu. Got recommendation from one of my girl friends gynecologist yang bagus namanya dr. Nurwansyah. Jadi buatlah appointment untuk ketemu dia. dan ternyata nih dokter hits bener karena pasiennya banyaaak banget. Gue dapet nomer2 terakhir dan successfully meet him around 930 pm dimana udah ngantuk dan teler banget. Di USG lah gue dan saat itu usia kandungan gue udh 4w berapa lah. ik lupa :D
Seneng nya ternyata confirm am pregnant!

Bulan2 pertama kehamilan pun dilewatin dengan aman2 aja.  Mostly, people will experiencing a morning sick but not for me. Morning sick is bearable enough. But that time tiba2 gue gak suka parfume gue yang manis2. dan selama hamil di bulan2 pertama, i didn't wear any parfume at all.

Bulan2 kedua kehamilan pun, thank God ran smoothly. I still can going out of town by train to Cirebon. That time my passion to eat also getting bigger. No wonder i gained a lot of weight during my pregnancy. I reached 87 kg until i delivered the baby.

Bulan2 terakhir kehamilan a bit tough for me. Since my tummy become bigger and bigger, so every pose i did while i sleep, seat or else are wrong. My hand and foot got tingling dan gue jadi susah tidur.  Anyway, secara gue pengen banget lahiran normal disamping speedy recovery dan lebih irit, jadi gue ikutan deh tuh yang namanya senam hamil. Senam hamil baru boleh diikutin pas usia kandungan lo more than 30 weeks. So setiap hari sabtu pagi, kencan deh gue ama ibu2 yang lain buat senam hamil selama 1 jam.  dr. Nur juga menyarankan kalo mau lahir normal sering2 lah jalan, dan di minggu2 terakhir babynya harus sering2 "ditengokin" sama bapaknya.  The aim for that activity sih buat bikin kontraksi alami aja.

Entering 37weeks of pregnancy, belom ada tanda2 nih bayi mau lahir. Masih anteng aja. Betah bener kayaknya didalam perut gue.  Until the week of 39 lebih berapa hari, tiba2, pagi2 buta gue pipis and i found flek on my underwear. Wuih. apa mungkin this is the time.  seperti yang gue baca tanda2 mau melahirkan tuh ada flek, ketuban pecah dan kontraksi semakin lama semakin sering. Emang sih, baru flek doang. tapi karena ini hamil pertama jadi gak deh tuh nanti ada kesalahan. My hubby and i decided buat pergi ke rs aja. Pas nyampe dsana di cek ina itu, CTG dan mesti stay for 4hours for observation. Nothing happens significantly. Jadi disuruh pulanglah gue. Inget banget gue waktu itu hari minggu. Pulanglah gue.

Next day which is on Monday, kok gue udah mulai berasa kyk kontraksi even ga sering. flek nya pun semakin banyak. haduhh. apa hari ini yah bayinya bakal lahir??? Udah deh dateng lagi lah gue ke rs. daripada kenapa2 kan. mungkin pihak rs nya mikir rajin amat nih ibu dateng2 mulu. Akhirnya dibilang udah pembukaan 1. dan that gue masih santai karena kontraksi juga blm sering2 amat dan masih ok kok. Telp dr Nur dan dr Nur bilang suruh stay ampe dia praktek jam 3 sore. Secara ik dateng pagi2 ya, nunggu ampe jam 3 sore tuh lambreta juga ya even gue disedian satu kamar buat nunggu and they provide me breakfast and lunch. Udah agak lumutan juga nunggunya. Akhrinya sampelah jam 3 sore. Dokterpun dateng dan gue pun diperiksa. Check here and there ternyata dibilang air ketuban gue udh tinggal sedikit. And i can't go home and must stay at the hospital. Tomorrow, he scheduled me to give  some induction buat ngerangsang bayinya keluar.
BOOO!!! yang gue tahu, kalo di induksi itu sakitnya bakal ruaaaarrrr biasaaaaa!! tapi gue masih sok2 santai dan masih pengen pulang pun.  Akhirnya mau gak mau stay dong di rs. Buka kamar dan my family juga udh standby dirs. Tpi ampe jam 7 malem gak ada apa2, mereka pun got back home. Sulis pun juga balik ke rumahnya buat ambil perlengkapannya. And i am all alone. sampe sekitar jam 8an setengah Sembilan kok gue berasa kontraksi makin sering dan perut sakit. Come and go setiap 5 menit. Tambah deg2an apa jangan2 malem ini tuh bocah keluar. Secara my sister and my mom keep praying for me supaya gue lahiran hari itu juga dan gak perlu di induksi. Well, that also one of my prayer sih. Dari masa kehamilan, gue tuh berdoa sama Tuhan :

1. Lahiran Normal
2. Maximum 5 Jam udah keluar babynya
3. Team dokter n suster lengkap pada saat melahirkan
4. Ga mau pake induksi2an
5. Jalanan lancer pas hari H

Ok, back to the time kontraksi udh mulai sering. I called my hubby and asked where is he. He said udah mau deket nih. Sampelah dia. dan time showed around 9 pm. Waktu itu tiba2 gue pengen pipis. Pipislah gue dan gue liat flek pun makin banyak. Begitu selesai pee, keluar kamar mandi tiba2 gue berasa air rembes dari my underwear. Gak bisa ditahan dan keluar begituh aja. Waduh.. Is it my air ketuban pecah? Langsung my hubby panggil suster dan that time perut langsung makin tambah sakit. Check lagi with suster. Dan dibilang udah bukaan 3. langsung dibawa ke ruang tindakan. perut makin tambah sakit. kontraksi setiap 1 menit kali. tpi masih bisa gue ketawa pas perut lgi gak kenceng. sampe akhirnya gak bisa ketahan lagi, dan akhirnya suster pun pindahin gue lagi ke ruangan lain. i think berarti ini labor roomnya deh. Thank God banget, hari Senin itu dokter gue praktek ampe malem. jadi dia tuh standby juga buat gue. few of my prayer has been answered. Praise God. Liat jam kok masih jam 11 juga dan perut sakitnya gak ketolongan. Yang bikin gue bĂȘte tuh, gue pengen banget ngeden, tpi berhubung pembukaan belom lengkap, ngeden  itu forbidden banget. Aslik gue udah teriak sekuat2nya saking ga tahannya. My parents and my sister already there to support me. Saking ga tahannya, i asked my hubby udah i want cesar aja. heheheh tapi suster kepala bilang juga its not possible. It will take time also. Akhirnya gue liat sekitar jam stgh 12. Dokter bilang ok bu, pembukaan udah lengkap. siap2 ngeden ya. Aslikk! pas dibilang boleh ngeden tuh rasanyaaa plonnnngggggggg beneer. i forgot how many times gue ngeden. tapi tiba2 gue berasa seonggok daging besar keluar and yes that's him. my Baby boy. happy tired on the same time. But tired is gone so fast when nurse put the baby on my chest. So tiny, innocent. oh God, you are good. another of my prayer is been answered. I asked of maximum 5 hours bayi udah boleh keluar but within 3 hours bayinya udah keluar., God is Good. really good!
Sulis and i gave his name Zefano Emmanuel. Zefano means God's gift and Emmanuel means God be with us.

Thank you Lord for your amazing gift. You are God that we can depend on!


Tidak ada komentar: